Pelatihan Budidaya Kakao di Desa Long Pahangai 1 Kecamatan Long Pahangai

Long Pahangi 1, Mahululestari.org – Kegiatan dilakukan selama 2 hari yang diikuti 45 peserta,  41 laki-laki dan 4 perempuan  yang berasal dari perwakilan kelompok Tani, PPL. BPP, Koramil dan masyarakat umum. Pada hari pertama diberikan materi terkait dengan perawatan tanaman dengan penerapan PsPPS (Panen sering, Pemupukan, Pemangkasan dan sanitasi, Pembibitan kakao. Sementara pada hari kedua dilakukan dengan praktik demplot pembibitan di lahan salah satu peserta pelatihan.

Pelatihan ini telah menghasilkan :

  1. Perubahan pola pikir petani tentang budidaya  kakao yang awalnya  hanya dipandang sebagai kegiatan sampingan menjadi kegiatan yang memberikan kontribusi peningkatan pendapatan keluarga yang signifikan,
  2. Saling belajar pengalaman dalam budidaya kakao, sehingga akan didapatkan informasi tentang bentuk-bentuk yang telah dilakukan dalam usaha budididaya kakao,
  3. Mampu melakukan pemangkasan, panen sering, pemupukan dan sanitasi budidaya kakao yang tepat, dan
  4. Adanya kebun bibit kelompok di  Long pahangai, di mana peserta mampu memilih dan mendapatkan bibit yang sehat dan memeliharanya, mampu membuat media tanam yang sesuai, dan mampu membuat rumah pembibitan yang sesuai dengan kebutuhan.

Pelatihan ini juga menghasilkan tindak lanjut, yaitu

  1. Sosialisasi hasil pelatihan ke anggota kelompok,
  2. Pendampingan penguatan kelembagaan kelompok tani maupun alumni pelatihan,
  3. Pembuatan demplot  pembibitan dan pemeliharaan kakao di tingkat kelompok,
  4. pelatihan lanjutan terkait dengan PHT dan Manajemen Pengolahan Tanah.

Pelatihan ini sangat penting untuk dilakukan karena selama ini belum pernah ada yang memberikan pelatihan terkait kakao langsung pada masyarakat, biasanya hanya untuk elit-elit kelompok. Dan hasilnya tidak pernah di bagiaan atau disosialisaikan pada anggota”.
(Petinggi Kampung)