Pembuatan dan Perawatan Demplot di Desa Tiong Ohang Kecamatan Long Apari

Long Apari, MahuluLestari.org – Demplot yang dibuat di kec. Long Apari adalah kebun tempat praktik lapang pada saat pelatihan teknik budidaya kakao, yaitu kebun milik pak Imang Kalet (demplot I) dan pak Pidelis Sula (demplot II). Kedua demplot tersebut ada pembibitan dan pemeliharaannya. Pembibitan di demplot I masih sebatas rumah penaung dan media tanam (polibag), tetapi masih belum ditanami bibit karena tanaman kakaonya belum berbuah dan kriteria tanaman kakao untuk bibit belum ada. Sehingga pembibitan masih belum bisa dilkasanakan. Untuk perawatan, ada 36 tanaman kakao yang dijadikan percontohan. Kondisinya sekarang sudah dipangkas tetapi belum dibuat lubang pupuk (rorak) nya.

Proses Pembuatan Demplot

Pembibitan di demplot II sudah ada rumah penaung, media tanam dan 50 bibit. Sisanya masih belum ditanami bibit, karena tanaman kakaonya belum berbuah dan kriteria tanaman kakao untuk bibit belum ada. Sedangkan bibit yang sudah ditanam merupakan bibit seadanya, tidak melalui proses pemilihan benih dan perkecambahan. Untuk perawatan, sudah ada 36 tanaman kakao yang dipangkas dan 5 lubang pupuk yang dibuat.

Karena ketersediaan benih kakao yang tidak ada, beberapa petani yang memiliki tanaman kakao yang memenuhi kriteria untuk dijadikan benih sudah di pesan khusus untuk dijadikan benih saja. Diantaranya adalah tanaman kakao milik pak Andi Untung, pak Nasir Kalut, pak Batoq Dalung dan pak Baing.