Pendampingan Kelompok Tani di Desa Tiong Ohang Kecamatan Long Apari

Long Apari, Mahululestari.org – Pendampingan kelompok tani sudah dilakukan di Kec. Long Apari melalui pendampingan lapangan untuk budidaya kakao dan pendampingan untuk penguatan keorganisasian kelompok tani. Selama bulan Oktober sampai Desember, pendampingan lapangan teknik budidaya kakao sudah dilakukan di 3 kelompok, yaitu kelompok Diting Cihan (13 orang), Nyaung Batang Jaya (3 orang) dan Tesalut (3 orang).

Peserta Mengikuti Pendampingan Dengan Antusias

Dari tiga kali pendampingan, banyak kendala yang dihadapi petani kakao di kec. Long Apri. Diantaranya adalah hama dan penyakit tanaman, khususnya hama tupai dan monyet, perawatan, teknik budidaya serta panen dan pascapanen. Kendala tersebut akibat dari ketidaktahuan petani tentang budidaya kakao. Selama ini petani-petani menanam kakao karena ikut-ikutan dan untuk mengisi lahan yang kosong, sehingga teknik budidaya kakao tidak diterapkan disana. Untuk itu kedepannya setiap kelompok tani lebih didorong lagi untuk menerapkan teknik budidaya kakao yang sesuai.

Untuk pendampingan penguatan organisasi kelompok tani baru sebatas pengarahan untuk membuat AD/ART. Tetapi sampai sekarang belum ada kelompok tani yang mengadakan musyawarah untuk membuat AD/ART.

Pertemuan rutin ketua kelompok tani baru dilaksanakan sekali, yaitu dibulan November. Hanya ada 6 ketua kelompok tani yang hadir yaitu, kelompok tani Diting Cihan, Bovon Huvung, Bunga Bakung, Posokaten Murip, Tesalut dan Bovon Kacu. Pertemuan tersebut membahas tentang kelengkapan administrasi kelompok dan pembuatan rencana pembuatan AD/ART serta sharing pengalaman kelompok tani tentang budidaya kakao.