Proyek ini bertujuan, Peningkatan pendapatan masyarakat melalui pemanfaatan jasa lingkungan dan sumber daya alam secara berkelanjutan. Detil dari tujuan proyek ini adalah :

Pembangunan PLTMH Tepuse

Pembangunan PLTMH Tepuse dengan daya sebesar 48 kWh di Sungai Tepuse, di Desa Tiong Ohang, Kecamatan Long Apari, yang bertujuan untuk mengurangi ketergantungan masyarakat pada bahan bakar fosil bagi 60 KK

Revitalisasi PLTMH Suwan

Revitalisasi PLTMH Suwan dengan daya sebesar 16 kWh di Sungai Suwan, di Desa Long Pahangai I, Kecamatan Long Pahangai yang bertujuan untuk memberikan pasokan energi bagi Pabrik Mini Pengolahan Kakao.

Pembangunan Pabrik Mini Pengolahan Kakao

Pembangunan dua buah Pabrik Mini Pengolahan Kakao yang termasuk penyediaan mesin pengering kakao, mesin pencacah cangkang kakao dan gudang penyimpanan dengan memanfaatkan energi listrik dari dua PLTMH yang dibangun/direvitalisasi Proyek. Pabrik mini pertama akan dibangun di Desa Tiong Ohang, Kecamatan Long Apari dengan memanfaatkan energi listrik yang dibangkitkan oleh PLTMH Tepuse, Sedangkan pabrik mini kedua akan dibangun di Desa Long Pahangai I, Kecamatan Long Pahangai bersumberkan energi listrik dari PLTMH Suwan.

Penguatan Kapasitas Teknis Petani Kakao

Penguatan kapasitas teknis petani kakao dalam budidaya dan pengolahan pasca panen untuk 375 petani kakao (10 kelompok tani di Kecamatan Long Apari dan 5 kelompok tani di Kecamatan Long Pahangai), dengan harapan para petani mampu mempraktekkan teknik budidaya yang lebih baik dan lestari demi peningkatan produktivitas dan peningkatan pendapatan petani.

Pelatihan dan Pendampingan Produksi Kompos

Pelatihan dan pendampingan produksi kompos dari limbah cangkang kakao yang selama ini tidak termanfaatkan. Penguatan kapasitas tersebut ditujukan bagi 125 petani perempuan (3 kelompok petani perempuan di Kecamatan Long Apari dan 2 kelompok petani perempuan di Kecamatan Long Pahangai) binaan Badan Penyuluh Pertanian Kecamatan (BPPK), dengan tujuan selain untuk menambah penghasilan bagi para petani perempuan, upaya ini juga merupakan kegiatan pengelolaan limbah dan dukungan bagi BPP bagi introduksi praktik pertanian berkelanjutan di wilayah setempat.