Pendukung Program

Critical Ecosystem Partnership Fund (CEPF)

Dokumen

Anggaran

US$ 320,000.00

Periode

Periode program: 16 Agustus 2016 – 31 Juli 2019

Uraian

Tujuan / Dampak jangka panjang:

Peningkatan individual dan kolektif kapasitas OMS untuk aksi konservasi yang efektif di seluruh Wallacea Indonesia.

Hasil yang diharapkan / Dampak jangka pendek:

  1. Kapasitas 75% dari Mitra CEPF yang bekerja di 7 Area Prioritas (Priority Area) meningkat untuk perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan aksi konservasi.
  2. Meningkatnya kemampuan kolektif jaringan Mitra setidaknya pada 3 dari 7 Area Prioritas (Priority Area) untuk merencanakan, melaksanakan dan mempertahankan tindakan konservasi secara kolaboratif.
  3. Kapasitas 75% dari CEPF Partners bekerja di 7 Area Prioritas (Priority Area) meningkat untuk memobilisasi sumber daya dari luar CEPF untuk mempertahankan Aksi konservasi.

Komponen proyek:

Proyek ini akan memiliki lima komponen yang akan memberikan kontribusi pada pencapaian Arah Strategis 61, 6.2 dan 6.3, dan akan mendukung dan tidak terpisahkan satu sama lain, yaitu:

  1. Penilaian status kapasitas CEPF Mitra dan pengembangan kesepakatan tentang program pengembangan kapasitas;
  2. Meningkatkan kapasitas CEPF Partner dalam konservasi perencanaan program dan manajemen;
  3. Meningkatkan kapasitas CEPF Partner dalam pengelolaan kelembagaan;
  4. Pembentukan forum diskusi konservasi di masing-masing cluster Prioritas; dan
  5. Meningkatkan kapasitas CEPF Partner dalam mobilisasi sumber daya.

Komponen 1. Penilaian status kapasitas CEPF Mitra dan pengembangan kesepakatan tentang program peningkatan kapasitas akan memberikan data awal yang akan menjadi dasar untuk program peningkatan kapasitas bagi OMS Mitra yang bekerja di Hot spot Keanekaragaman hayati Wallacea dan diharapkan akan memberikan momentum untuk mendapatkan komitmen dari setiap keterlibatan OMS dalam Proyek ini.

Komponen 2. Meningkatkan kapasitas Mitra CEPF dalam perencanaan dan pengelolaan program konservasi.

Komponen 3. Meningkatkan kapasitas CEPF Partner dalam pengelolaan secara kelembagaan.

Komponen 4. Pembentukan forum diskusi konservasi di setiap Area Prioritas yang bertujuan untuk lebih meningkatkan kemampuan dalam melakukan aksi konservasi secara kolaboratif dan kolektif pada tingkat Area Prioritas.

Komponen 5. Meningkatkan mitra CEPF dalam mobilisasi sumber daya, akan melengkapi komponen kegiatan yang lain, dan khususnya memperkuat kapasitas OMS memobilisasi sumber daya untuk menjamin keberlanjutan aksi konservasi di tingkat proyek, organisasi dan pada tingkat Area Prioritas.

Pendukung Program

Program ini didukung oleh Critical Ecosystem Partnership Fund (CEPF) berdasarkan Kerjasama pada 16 Agustus 2016, dengan total dukungan dana sebesar US$ 320,000.00.