Pendukung Program

PT Nusantara Sejahtera Raya

Dokumen

Anggaran

Periode

16 November 2019 – 15 November 2020

Uraian

Yayasan Penabulu dan Besi Berani sepakat bekerjasama dalam pelaksanaan program distribusi berdampak untuk film dokumenter karya Shalahuddin Siregar, yang bertajuk “Pesantren”/”A Boarding School” yang akan dilaksanakan di seluruh outlet Cinema XXI di Indonesia. Film “Pesantren”/”A Boarding School” merupaka film fiksi non-komersil yang penayangannya menggunakan metode “Distribusi berdampak”, yaitu metode dimana penayangannya bukan bertujuan mencari profit melainkan mematik perubahan dalam masyarakat sehingga penonton yang ditargetkan adalah kelompok yang diperkirakan akan membawa perubahan yang lebih luas. Dalam upaya membantu “Distribusi Berdampak” ini, Yayasan Penabulu dan Besi Berani mendapat dukungan dari PT Nusantara Sejahtera Raya dalam bentuk fasilitasi tempat pemutaran film “Pesantren”/”A Boarding School”.

Latar Belakang adanya film “Pesantren”/”A Boarding School” ini dikarenakan Indonesia dikenal sebagai negara tempat Islam dan demokrasi bisa hidup berdampingan. Meskipun toleransi beragama dan keragaman belakangan ini mulai diusik oleh pengaruh politik konservatif, hoaks, dan ekstrimisme agama yang berkembang pesat. Sebagai  negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki lebih dari 25.000 pesantren,rumah dan sekolah bagi sekitar empat juta santri.

Film ini bertempat di Pondok Kebun Jambu, pesantren tradisional yang unik karena dipimpin oleh seorang perempuan, Nyai Masriah Amva. Sebagai salah satu pesantren terbesar di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Pesantren tradisional seperti Pondok Kebun Jambu justru meupakan salah satu benteng pertahanan masa depan untuk menangkal ancaman intoleransi di Indonesia.

Film “Pesantren”/”A Boarding School” yang berdurasi 105 Menit ini merupakan sebuah film dokumenter yang dibuat dengan pendekatan observasional, mengajak penonton untuk menyelami kehidupan para penghuni Pondok Kebun Jambu Al-Islamy dari kegiatan belajar hingga suasana hidup sehari – hari para penghuninya. Film ini menyuguhkan gambaran Islam yang jarang terlihat di media massa.

Pendukung Program

Program ini didukung oleh PT Nusantara Sejahtera Raya bekerjasama dengan Besi Berani sebagai Impact Distribution.