Pendukung Program

GITEC-IGIP GmbH

Dokumen

Anggaran

EUR 19,504.80

Periode

Periode program: 2 Maret 2020 – 31 Mei 2020

Uraian

ASEAN Centre for Biodiversity telah menerima bantuan dari kerjasama keuangan Jerman untuk mendukung upaya ASEAN Heritage Park (AHP) untuk melindungi keanekaragaman hayati dan meningkatkan penghidupan di dalam dan di sekitar (daerah yang berdekatan) zona inti mereka melalui Program Hibah Kecil (Small Grant Programme/SGP).

ASEAN Centre for Biodiversity (ACB), sebagai penerima utama dukungan keuangan Jerman, adalah Badan Penyelenggara Program (Programme Executing Agency) dan hibah otoritas SGP. Penabulu adalah supporting international dan national expert pada program ini. Direktorat konservasi keanekaragaman hayati (KKH) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (MoEF) Repubik Indonesia adalah Badan Pelaksana Program (Programme Imolementing Agency/PIA) dan tuan rumah dari tim kerja nasional.

Berkenaan agar mendapatkan dampak yang terlihat dan dengan pertimbangan efisiensi, KfW dan ACB memutuskan untuk memfokuskan fase awal SGP pada AHPs dipilih di dua negara yang berpartisipasi yaitu Myanmar dan Indonesia.

SGP menunjukkan pengambilan keputusan yang terdesentralisasi terkait hibah yang didasarkan pada arah strategis Komite Pengarah Nasional (National Steering Committe/NSC) dan Tim Kerja Nasional (National Working team/NWT). Organisasi pihak ketiga akan mendukung KKH sebagai PIA dan Tim Kerja Nasional. GITEC telah ditugaskan oleh KfW, atas nama ACB, untuk membantu ACB dalam mengkoordinasikan semua aspek penerapan program hibah kecil.

Tugas Konsultan Internasional dan Nasional difokuskan pada (i) Taman Nasional Gunung Leusser dan Taman Nasional Way Kambass; (II) menerjemahkan rencana manajemen untuk mendukung dan mengembangkan mata pencaharian komunitas, (III) meninjau kembali sistem sosial-ekologi dan fokus pada potensinya untuk pengembangan sumber mata pencaharian komunitas; (IV) mengidentifikasi kemungkinan hibah untuk mendukung potensi tersebut, (v) mendukung penyedia layanan untuk pembuatan hibah dalam mempersiapkan dan menetapkan paket hibah yang sesuai, dan (VII) mengembangkan /meningkatkan kriteria seleksi.

Penilaian luas atas kebutuhan pengembangan kapasitas untuk keterampilan dan kemampuan orang dan lembaga yang terlibat harus melengkapi analisis ini sebagai hasil dengan membandingkan dokumen Rencana Manajemen Kolaboratif dan juga Manual Manajemen Proyek.

Program hibah kecil bertujuan untuk:

  • Membiayai pengembangan dan pelaksanaan hibah kecil untuk perlindungan keanekaragaman hayati dengan partisipasi penduduk setempat di dalam dan sekitar AHPs di negara anggota ASEAN yang ter
  • Lokakarya sosialisasi, pelatihan dan pemaparan, serta pengelolaan program yang difasilitasi oleh ACB.
  • Tindakan pengembangan kapasitas pembiayaan untuk mitra pelaksana di tingkat regional, nasional dan lokal serta dukungan dalam pengelolaan program.

Pendukung Program

Program ini didukung oleh GITEC-IGIP GmbH pada 2 Maret 2020 dengan total dukungan dana sebesar EUR 19.504,80