Pendukung Program

HIVOS ROSEA

Dokumen

Nomor kontrak: RO SEA 1003664 per tanggal 15 November 2011.

Anggaran

Total anggaran: EUR 3,500.

Periode

Periode program: mulai 14 November 2011 sampai 17 Januari 2012.

Uraian

Unit pengelola keuangan masih belum ditempatkan setara dengan unit kerja lainnya. Banyak organisasi dalam prakteknya masih menempatkan unit pengelola keuangan sebagai unit pendukung, dengan tugas pokok sebagai kasir dan penyedia laporan donor semata. Di sisi lain, para pimpinan organisasi kebanyakan belum memahami aspek-aspek utama dalam pengelolaan keuangan lembaga. Menimbang situasi tersebut, sambil mempertemukan dengan konteks tuntutan transparansi dan akuntabilitas yang makin mengemuka, maka bersama HIVOS ROSEA diselenggarakan lokakarya berjudul “Reposisi Manajemen Keuangan dalam Menjawab Tuntutan Transparansi dan Akuntabilitas Organisasi Masyarakat Sipil di Indonesia”, dalam dua angkatan, 7 Desember 2011 dan 10 Januari 2012.

Lokakarya tersebut dirancang untuk merespon beberapa permasalahan utama yaitu: tuntutan transparansi dan akuntabilitas oleh publik dan lembaga donor makin kuat, cara pandang “tidak proporsional” tentang peran unit keuangan menjadikan unit keuangan diposisikan pada peran teknis yang minim dan lemahnya pemahaman aspek keuangan di level pimpinan organisasi.

Sedangkan materi utama yang disampaikan pada lokakarya sehari ini adalah mengenai tuntutan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan LSM di Indonesia, peran strategis manajemen keuangan dan aspek manajemen keuangan yang perlu dipahami oleh pimpinan organisasi nirlaba di Indonesia.

Peserta Lokakarya

Lokakarya 7 Desember 2011: Imparsial, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), Pusat Kajian Gender dan Seksualitas FISIP UI, Yayasan Satu Dunia, Rujak Center for Urban Studies, Aliansi Nasional Bhinneka Tunggal Ika (ANBTI), Yayasan Field Indonesia, KSU Jatirogo, Fahmina Institute, SAPA Institute, Yayasan Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA), Perhimpunan Rahima, Perkumpulan Telapak, Kapal Perempuan, dan Pusat Telaah dan Informasi Regional (PATTIRO).

Lokakarya 10 Januari 2011: Yayasan Air Putih, Indonesia Corruption Watch (ICW), AIKON, PEKKA, Perkumpulan LESMAN, Yayasan Interseksi, Aliansi Organis Indonesia (AOI), Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM), Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP), Teater Satu, Yayasan Jurnal Perempuan, Lab Teater Ciputat, Ruang Rupa, Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (SEJUK), Common Room Networks Foundation.

Pendukung Program

Dukungan bagi program ini berasal dari HIVOS ROSEA dengan nomor kontrak RO SEA 1003664 per tanggal 15 November 2011 dengan total dukungan dana sebesar EUR 3,500 untuk periode mulai tanggal 14 November 2011 sampai dengan 17 Januari 2012.