Pendukung Program

Yayasan Mercy Corps Indonesia

Dokumen

20059S002

Anggaran

USD 60,000

Periode

18 Februari 2020 – 31 Mei 2021

Uraian

Tujuan dari kegiatan ini adalah membangun ketangguhan masyarakat terhadap bencana dengan memperkuat kapasitas kelompok rentan untuk mengurangi dampak buruk bencana dan perubahan iklim melalui kemitraan dengan pemerintah, lembaga usaha, dan masyarakat sipil.

Outcome indikatif dari kegiatan ini adalah membangun ketangguhan masyarakat rentan terhadap risiko bencana/iklim melalui kemitraan dengan pemerintah, Lembaga usaha, dan masyarakat sipil. Outcome pertama adalah 2,000 rumah tangga rentan di 25 dusun meningkat kapasitasnya melalui pengembangan ekonomi, kedua adalah terbentuknya kemitraan pemerintah, Lembaga usaha, dan organisasi masyarakat, dan yang ketiga adalah manahemen pengetahuan untuk replikasi dan pengembangannya.

Output indikatif dari kegiatan ini adalah sebagai berikut: (1) Forum PRB desa dan relawan di dusun rentan, (2) Kajian risiko bencana secara partisipatif, (3) Peningkatan kapasitas dalam manajemen risiko bencana, (4) Terbangunnya sistem peringatan dini tingkat dusun, (5) Adanya mitigasi structural yang untuk melindungi mata pencaharian, (6) Inisiasi aksi nexus DRR-Livelihood, (7) Dukungan kepada PemKab untuk membentuk ketangguhan di desa, (8) Kemitraan untuk menyiapkan dana kontinjensi, (9) Kemitraan untuk produk nexus terbangun, dan (10) Pembelajaran untuk replikasi/pengembangan ketangguhan komunitas.

Pendukung Program

Program ini didukung oleh Yayasan Mercy Corps Indonesia pada tanggal 17 Februari 2020 dengan total dukungan dana sebesar USD 60,000.