Pendukung Program

Packard Foundation melalui Traction Energy Asia (TEA)

Dokumen

No. 003/SP/SEK-TEA/IV/2020 & No. 004/SP/SEK-TEA/IV/2020

Anggaran

IDR 257.00.000

Periode

Periode program: 01 April 2020 – 01 Desember 2020

Uraian

Traction Energy Asia (TEA) merupakan sebuah organisasi yang memantapkan fokus pada mengidentifikasi, memetakan, memahami, dan menyusun strategi untuk membuka kunci hambatan politik dan ekonomi yang menghalangi tindakan transformatif yang diperlukan untuk mempercepat peralihan ke pertumbuhan ekonomi nol karbon yang ditenagai oleh energi bersih, serta untuk mengurangi dampak merusak dari perubahan iklim.

Sebagai sebuah organisasi yang relatif baru TEA berkomitmen untuk terus memastikan kualitas dan dampak dari setiap layanan yang dilakukan oleh organisasi dengan cara yang efektif dan berkelanjutan. Proyek Organization Effectiveness merupakan wujud komitmen TEA dalam hal tersebut. Yayasan Penabulu selaku konsultan dalam proyek ini membantu dalam proses persiapan, kerja dan perkembangan hasil pekerjaan.

Proyek Organizational Effectiveness ini memiliki tujuan utama untuk:

  1. Memberikan pemahaman yang jelas dan umum tentang status organisasi TEA saat ini, termasuk apa yang dapat TEA tingkatkan dan rencana pengembangan 3 tahun ke depan.
  2. Mempelajari, mengadopsi, dan menanamkan praktik terbaik pengembangan organisasi dan keterampilan serta alat perencanaan bisnis, termasuk perencanaan pengembangan dana, untuk memperkuat kapasitas internal untuk tumbuh secara berkelanjutan dan cerdas.
  3. Mempelajari proses perencanaan strategi, alat dan teknik yang paling cocok untuk TEA, mengadopsi dan menggunakannya untuk memetakan perkembangan TEA dan untuk menyusun rencana pencapaian yang jelas.
  4. Menentukan berapa banyak dana yang dibutuhkan oleh TEA sehingga dapat disusun rencana mobilisasi sumber daya yang dibutuhkan oleh TEA dalam kurun waktu 3 tahun mendatang.
  5. Membantu penyusunan proposal Norway’s International Climate and Forest Initiative (NICFI) dan memastikan keluaran proposal yang dihasilkan tersebut berstandar tinggi.

Dengan aktivitas yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan utama tersebut adalah; (1) Rapid Asessment Organisasi; (2) Pengembangan Rencana Bisnis Organisasi; (3) Pengembangan Standar Operasional dan Prosedur (SOP) yang Dibutuhkan Organisasi; (4) Pendampingan dan Pelatihan; (5) Monitoring dan Evaluasi.

Pendukung Program

Program ini didukung oleh Packard Foundation melalui Traction Energy Asia (TEA) berdasarkan kerja sama No. 003/SP/SEK-TEA/IV/2020 & No. 004/SP/SEK-TEA/IV/2020 pada tanggal 31 Maret 2020 dengan total dukungan dana sebesar IDR 257,000,000. –