Pendukung Program

Kerk in Actie

Dokumen

11.0323/012

Anggaran

EUR 150,000,00

Periode

1 Mei 2019 – 31 Maret 2020

Uraian

Program “Penabulu – SHO Sulawesi (Phase II)”, dirancang sebagai kegiatan tambahan dan lanjutan dari hasil kajian tanggap darurat berbasis analisa sistem pasar pasca bencana yang telah dilakukan di Program “Penabulu – SHO Sulawesi – Phase I” periode 1 Oktober 2018 – 30 Oktober 2019.

Program “Penabulu – Sulawesi SHO (Phase II)” dilaksanakan pada periode 1 Mei 2019 – 31 Maret 2020, difokuskan pada beberapa sektor kegiatan utama, diantaranya:

  1. Sektor Mata Pencaharian: Pemulihan mata pencaharian, perlindungan mata pencaharian dan pemulihan ekonomi masyarakat terdampak di 4 Desa di Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi.
  2. Sektor Hunian Tetap: Pengembangan 4 model hunian tetap yang partisipatif dan berbasis kearifan lokal.
  3. Sektor Kesehatan: Pengelolaan sampah plastik secara terpadu di kota Palu, dengan wilayah permodelan utama Proyek akan dikembangkan di Kecamatan Palu Selatan.
  4. Sektor Penguatan Kapasitas: Pelatihan akan melibatkan mitra KIA, LSM lokal, Gereja, dll.) dengan tema pelatihan yaitu:
  • Pelatihan pemetaan sistem pasar dan kelembagaan ekonomi lokal dalam penanggulangan bencana.
  • Pelatihan analisa kebutuhan dasar penyintas dan analisa pasokan dalam penanggulangan bencana
  • Pelatihan tata kelola pasokan dan distribusi bantuan (aid stock management) bagi penyintas
  • Pelatihan pemetaan sumber penghidupan/tumpuan hidup penyintas (livelihood) dan pelembagaan ekonomi dalam penanggulangan bencana.

Pendukung Program

Program ini didukung oleh Kerk in Actie, dengan total dukungan dana sebesar EUR 150,000,00