Koalisi Kampus untuk Demokrasi Papua (KKDP)

IDR 156.200.000

Periode program: 4 Juli 2024 – 4 Oktober 2024

Uraian

Koalisi Kampus untuk Demokrasi Papua (KKDP) adalah sebuah organisasi yang berkomitmen untuk kedaulatan sumber daya alam di Papua, terdiri dari civitas akademik berbagai universitas di Papua. Sebagai organisasi baru, KKDP menyadari pentingnya merancang arah pertumbuhan organisasi melalui tata kelola yang mumpuni, khususnya dalam hal pengelolaan keuangan. Pengelolaan keuangan yang baik merupakan pilar penting untuk memastikan keberlanjutan jangka panjang organisasi. Untuk itu, KKDP berupaya mengembangkan sistem tata kelola keuangan yang efektif dengan tujuan memperkuat kapasitas organisasi dalam mengelola sumber dayanya secara transparan dan akuntabel.

Yayasan Penabulu akan membantu pada proses penguatan kapasitas yang akan dilakukan melalui beberapa tahapan, dimulai dengan pertemuan luring untuk menilai praktik keuangan yang ada dan menyepakati struktur pengelolaan keuangan yang optimal. Selanjutnya, diharapkan terbangunnya sistem tata Kelola keuangan dan akuntansi organisasi dengan output: (1) Dokumen SOP Keuangan; (2) Dokumen SOP Akuntansi; (3) Laporan Keuangan organisasi KKDP berbasis Quill. Dengan langkah-langkah ini, KKDP berharap dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan, sehingga dapat mendukung kedaulatan sumber daya alam di Papua secara berkelanjutan.

 

Pendukung Program

Program ini didukung oleh Koalisi Kampus untuk Demokrasi Papua (KKDP), periode program 4 Juli 2024 – 4 Oktober 2024 dengan total dukungan dana sebesar IDR 156.200.000.