Pendukung Program

ExxonMobil Oil Indonesia Inc.

Dokumen

TL/EMOI/P001/2015.

Anggaran

Total anggaran: Rp. 623,700,000,-

Periode

Periode program: 1 Juli 2015 – 31 Desember 2015.

Uraian

Program ini dirancang untuk meningkatkan penghasilan petani kakao, khususnya petani kakao di wilayah dampingan EMOI selama ini. Upaya perbaikan kesejahteraan petani kakao tersebut dimulai dengan pembentukan koperasi petani kakao yang nantinya diharapkan akan memiliki 3 unit usaha yang komprehensif, meliputi: unit usaha layanan pertanian, unit usaha pengolahan dan pemasaran, serta unit usaha pengolahan sampah.

Pelaksanaannya akan dilakukan secara simultan dan sinergis bersama-sama antara Bumoe Malikul Saleh (BMS), Yayasan Agro Bina Mandiri (YABM), dan Yayasan Penabulu. YABM akan melanjutkan upaya penguatan teknik penanaman, pemeliharaan dan pemanenan kakao bagi para petani kakao dampingan EMOI, sedangkan BMS akan memulai upaya pengorganisasian kelompok petani hingga memfasilitasi pembentukan Koperasi Petani Kakao Lhok Sukon. Pada saat yang sama Penabulu akan melakukan penguatan aspek keuangan dan akuntansi koperasi, dan dalam fokus yang terpisah Penabulu akan mendorong terbentuknya Unit Usaha Pengolahan dan Pemasaran Kakao sebagai salah satu bentuk unit usaha koperasi.

Pendukung Program

Program ini didukung oleh ExxonMobil Oil Indonesia Inc. berdasarkan Transmittal Letter No. TL/EMOI/P001/2015 tanggal 29 Juni 2015, dengan total dukungan dana sebesar Rp. 623,700,000,-.