Pendukung Program

HIVOS ROSEA

Dokumen

Nomor kontrak: RO SEA 1005108 tanggal 4 September 2012.

Anggaran

Total anggaran: EUR 32,487.

Periode

Periode program: mulai 2 September  2012 sampai dengan 31 Agustus 2013.

Uraian

Program ini sesungguhnya terdiri dari dua sub kegiatan utama, yaitu riset aksi pemetaan potensi pendanaan CSR dan penguatan kelembagaan organisasi LGBT Mitra HIVOS.

Riset aksi pemetaan potensi pendanaan CSR bertujuan untuk menghasilkan peta potensi pendanaan CSR di Indonesia, mencakup wilayah isu, karakteristik, cara kerja dan skema pendanaan; menghasilkan analisis tentang persepsi, kesenjangan, hambatan dan kesiapan CSO dalam berkolaborasi dengan sektor bisnis dan memanfaatkan peluang pendanaan CSR; dan menemukan pilihan bentuk kerjasama antara sektor CSO dan bisnis melalui studi kasus isu tertentu. Riset ini diselenggarakan bekerjasama dengan IBCSD dan hasil riset tersebut dapat disimak selengkapnya di JembatanTiga.com.

Sedangkan penguatan kapasitas kelembagaan mitra HIVOS yang bergerak pada isu LGBT, didasari pada pemahaman bahwa organisasi-organisasi tersebut pada umumnya berangkat dari bentuk komunitas dan program ini dirancang untuk mendampingi proses ransformasi bentuk dan karakteristik komunitas yang bersifat egaliter-kolegial menuju ke bentuk yayasan ataupun perkumpulan yang lebih terstrukturisasi. Jenis kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan pada program ini terdiri dari pendampingan bagi aspek perencanaan, monitoring dan evaluasi, aspek pengelolaan keuangan, dan aspek pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi.

Lembaga LGBT Mitra HIVOS yang didampingi adalah Violet Grey di Banda Aceh, Kipas di Makassar, Dipayoni di Surabaya, Effort di Semarang, dan Our Voice di Jakarta.

Pendukung Program

Program ini dilaksanakan dengan dukungan HIVOS ROSEA dengan kontrak nomor RO SEA 1005108 per tanggal 4 September 2012 dengan total dana dukungan sebesar EUR 32,487 dan dengan periode pelaksanaan program mulai 2 September 2012 sampai dengan 31 Agustus 2013.