Pendukung Program

HIVOS ROSEA

Dokumen

Nomor kontrak: RO SEA 1002991 tanggal 22 Agustus 2011.

Anggaran

Total anggaran: EUR 10,000.

Periode

Periode program: mulai 1 Agustus 2011 sampai 31 Juli 2012.

Uraian

Sebagai kelanjutan program sebelumnya, HIVOS ROSEA kembali memberikan dukungan bagi penguatan kapasitas pengelolaan keuangan organisasi nirlaba di Indonesia melalui dukungan bagi kegiatan riset kapasitas pengelolaan keuangan organisasi nirlaba di Indonesia dan pengembangan unit bantuan konsultasi.

Selama tahap riset, telah terkirim kepada 1.012 lembaga, dengan jumlah pengembalian hasil kuesioner dari sejumlah 108 lembaga, dan dari jumlah tersebut sebanyak 83 data terklarifikasi dan terolah.

Pemetaan status pengelolaan keuangan organisasi nirlaba di Indonesia ini kemudian berhasil menunjukkan bahwa organisasi nirlaba memiliki karakteristik khusus. Karakteristik khusus ini menimbulkan model tata kelola keuangan yang khusus pula. Akuntabilitas keuangan organisasi nirlaba akan bersandar pada kekuatan sistem pengendalian internal dan kinerja pengelolaan keuangan organisasi, yang harus dikembangkan secara spesifik sesuai dengan karakteristik khusus organisasi nirlaba. Penaksiran risiko dan penentuan aktivitas pengendalian akan menjadi kunci utama bagi pengembangan sebuah sistem pengendalian internal.

Selain itu, akuntabilitas keuangan organisasi nirlaba juga akan sangat ditentukan oleh beberapa faktor pendukung kinerja pengelolaan yang lain, yaitu sumber daya manusia, infrastruktur dan perangkat pengelolaan keuangan. Keseluruh elemen akuntabilitas keuangan organisasi nirlaba tersebut harus dipahami dan dikembangkan secara sistematis, sebagai salah satu upaya mempertahankan keberlanjutan organisasi dan pada akhirnya, sebagai bagian dari upaya memperkuat posisi dan peran masyarakat sipil di Indonesia.

Pendukung Program

Program ini didukung oleh HIVOS ROSEA berdasarkan kontrak nomor RO SEA 1002991 tertanggal 22 Agustus 2011 dengan nilai dukungan sebesar EUR 10,000 untuk periode pelaksanaan program mulai dari 1 Agustus 2011 sampai dengan 31 Juli 2012.