Pendukung Program

Forest4Dev

Dokumen

Anggaran

IDR 335.525.000

Periode

Periode program: Maret 2020 – Desember 2020

Uraian

Efektifitas pengelolaan (pemanfaatan) sumberdaya pembangunan di daerah masih menjadi pekerjaan rumah yang harus dicari solusinya secara bersama-sama oleh parapihak terkait. Pemanfaatan sumberdaya alam yang tersedia dan penggunaan anggaran pembangunan di daerah yang terjadi setiap tahun masih menyimpan pertanyaan besar tentang pengaruh dan dampaknya terhadap pemenuhan kebutuhan mendasar yang masih dihadapi masyarakat yang seharusnya menjadi sasaran utama dari proses pembangunan itu sendiri.

Bagi sebagian wilayah di Indonesia, termasuk Sumatera Selatan, hutan merupakan sumberdaya yang tersedia secara melimpah. Namun setelah sumberdaya ini dimanfaatkan hingga habis belum juga melahirkan kesejahteraan bagi masyarakat: akses minim, tingkat kemiskinan tinggi, pengangguran, tingkat pendidikan rendah,kebutuhan air tidak terpenuhi, pengelolaan sampah dan limbah, produktivitas pertanian rendah, konflik lahan dimana-mana masih menjadi persoalan yang masih sangat mudah dijumpai di lapangan.

Hutan Untuk Kesejahteraan (FOREST4DEV) adalah visi Yayasan Penabulu untuk menjalin sinergi dan kerjasama dengan pemerintah daerah dalam mengoptimalkan tata kelola hutan demi meraih cita-cita pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat. Dengan mengelola hutan yang baik, lestari dan berkeadilan sosial maka akan membantu pemrintah daerah dalam mengurangi tingkat kemiskinan dan meraih target-target Sustainable Development Goal’s (SDG’s). Yayasan Penabulu berharap visi Hutan Untuk Kesejahteraan (FOREST4DEV) ini juga menjadi visi pemerintah daerah dimana Yayasan Penabulu menjalankan aktivitasnya.

Pengembangan inisiatif ini mempunyai beberapa tujuan, yaitu:

  1. Memberikan contoh best practice terhadap penanganan berbagai permasalahan mendasar yang dihadapi masyarakat sekitar kawasan hutan dalam meningkatkan kesejahteraan mereka
  2. Membangun “Laboratorium Kemitraan Hutan Untuk Kesejahteraan” di tingkat tapak yang mempunyai visi jangka panjang.
  3. Membangun perspektifperubahan, kebaharuan, dan kemanfaatan (continuous improvement) dalam penyelenggaraan pembangunan daerah, khususnya pengelolaan sumberdaya hutan

Pendukung Program

Program ini didukung oleh Forest4Dev dengan total dukungan dana sebesar Rp. 335.525.000,-