Pendukung Program

ICCO Cooperation – AIP PRISMA

Dokumen

ICCO – AIP PRISMA Consultancy Agreement.

Anggaran

Total anggaran: IDR 116,363,264,-

Periode

Periode program: 8 Maret 2015 – 31 Desember 2015.

Uraian

ICCO Cooperation dan Australia Indonesia Partnership for Promoting Rural Income through Support for Markets in Agriculture (AIP-PRISMA) telah menerapkan program intervensi di sektor perikanan dengan target daerah intervensinya adalah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Tujuan intervensi ini adalah untuk memberikan kontribusi peningkatan pendapatan bersih bagi wanita pedesaan yang miskin sebesar 1,000,000 dan 3,000,000 bagi petani pria yang ditargetkan akan dicapai pada bulan Juni 2017.

Intervensi ini bertujuan untuk mempromosikan pertanian kandang ikan agar dapat menyediakan sumber makanan sepanjang tahun dan pendapatan bagi nelayan selama empat sampai enam bulan selama musim memancing ditutup. Progam ini juga akan mengatasi kekurangan pasokan tahunan eksportir ikan karang hidup seperti kerapu.

Intervensi ini akan fokus pada pengembangan dan mekanisme pengiriman produk yang sesuai dengan keadaan nelayan. Intervensi ini juga akan memobilisasi dana untuk produk keuangan baru yang akan dikembangkan. Diperkirakan bahwa dengan adanya intervensi ini dan kerja sama dengan Bank JATIM, 300 nelayan akan terorganisir dalam 30 unit produksi dan akan mendapatkan keuntungan melalui peningkatan pendapatan dari 140% pada pertengahan 2015 dengan jangkauan yang diharapkan sampai 2017 dari 1200.

Intervensi akan berfokus pada pengembangan model bisnis yang diharapkan dapat tetap berkelanjutan dan semua pelaku model bisnis dapat memainkan fungsi masing-masing secara otomatis setelah kegiatan program ini berakhir.

Model bisnis ini melibatkan:

  1. Mitra eksportir kerapu
  2. Asosiasi kerapu sebagai penyedia layanan menengah (ISP), dan
  3. Bank JATIM sebagai penyedia jasa keuangan

Mereka akan bekerja sama untuk membantu nelayan yang dibentuk untuk unit produksi kerapu (KPU) untuk menghasilkan kualitas kerapu ekspor.

Peran Penabulu dalam hal ini adalah untuk memastikan program ini mencapai tujuan yang sesuai dengan model bisnisnya. Kegiatan yang dilakukan diantaranya:

  1. Mengembangkan produk keuangan inovatif untuk pertanian kandang ikan dengan Bank JATIM
    • Merancang dan mengembangkan produk keuangan
    • Peningkatan kapasitas Asosiasi Kerapu (penyedia layanan menengah) untuk mensosialisasikan dan melaksanakan produk keuangan
  2. Mengembangkan program pelatihan keuangan untuk KPU
    • Merancang program pelatihan dengan Bank JATIM
    • Peningkatan kapasitas Asosiasi Kerapu (penyedia layanan menengah) untuk mengelola dan melaksanakan program pelatihan keuangan

Pendukung Program

Program ini didukung oleh ICCO Cooperation & AIP-PRISMA berdasarkan perjanjian ICCO – AIP PRISMA Consultancy Agreement tanggal 8 Maret 2015, dengan total dukungan dana sebesar Rp 116,363,264,-.