Pendukung Program

ICCO – KIA

Dokumen

ICCO Foundation Consultancy Agreement

Anggaran

Rp. 207.300.000,-.

Periode

Periode program: November 2016 – Desember 2017

Uraian

ICCO menjalankan program Produksi dan Pemasaran beras kualitas premium di Jawa Tengah. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan para petani, yang mana membutuhkan penguatan peran dari kelompok asosiasi petani (GAPOKTAN), sehingga mereka dapat berperan aktif dalam rantai pasar beras premium. Oleh karena itu, upaya penguatan Gapoktan meupakan bagian penting dari program ini.

Penguatan Gapoktan pada proyek ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain: penguatan kelembagaan internal, termasuk akuntabilitas dan transparasi; Pelatihan dan loka karya mengenai pengembangan rencana bisnis; dan penguatan jaringan, akses ke pasar, dan keuangan lembaga. Pembimbingan merupakan aktifitas pendampingan secara langsung di lapangan yang dilaksanakan guna memastikan hasil yang dicapai sesuai dengan harapan.

Guna menguatkan Gapoktan/LDPM di atas, diperlukan upaya untuk menambah kapasitas dan pendampingan dalam menyiapkan sebuah rencana bisnis yang relevan dengan karakter dan kemampuan mereka. Seorang konsultan perorangan atau lembaga dibutuhkan untuk membawa hal-hal relevan tadi untuk menghasilkan pencapaian yang terukur.

Tujuan

Konsultan akan melaksanakan pembimbingan dan pelatihan yang bertujuan untuk:
Dibentuknya Rencana Bisnis untuk setiap 17 Gapoktan selaras dengan kapasitas dan kondisi masing-masing kelompok asosiasi petani, dengan dokumen standar yang dapat digunakan sebagai dokumen panduan bisnis mereka serta dapat juga digunakan sebagai informasi valid bagi pihak luar, seperti lembaga keuangan dan rekan bisnis.

Kegiatan

Guna mendapatkan hasil-hasil tersebut, konsultan akan melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Pembimbingan Bisnis
  2. Loka Karya Pengembangan Rencana Bisnis

Pendukung Program

Program ini didukung oleh FDOV, dengan total dukungan dana sebesar Rp. 207.300.000,-.