Pendukung Program

Yayasan WWF – Indonesia

Dokumen

008/WWF-ID/SDW-LGL/II/2026

Anggaran

IDR 93.350.000,-

Periode

Periode program: 5 September 2016 – 19 September 2016

Uraian

Kegiatan ini berupa pelatihan dengan desain kelas yang menganut prinsip andragogi dan metode partisipatif demi hasil yang maksimal.

Tujuan:

  1. Mendapatkan pemahaman yang komprehensif terkait berbagai hal teknis khususnya dalam isu pembangunan dan pengelolaan dana desa.
  2. Secara khusus mengidentifikasi dan membahas studi-studi kasus yang terjadi secara faktual di kampung/desa dampingan baik dalam hal perencanaan, pelaksanaan maupun pelaporan pengelolaan dana desa.
  3. Secara partisipatif menyusun draft petunjuk teknis yang akan menjadi rujukan bersama para pihak yang terlibat dalam pengelolaan dana desa (baik dari unsur kampung/desa maupun dari unsur pendamping dan dari pihak Pemerintah Kabupaten) dalam scope wilayah Kabupaten Mahakam Ulu.

Output:

  1. Didapatkannya pemahaman bersama yang komprehensif terkait hal-hal teknis dalam isu pembangunan dan pengelolaan dana desa.
  2. Teridentifikasinya studi-studi kasus yang terjadi secara faktual terkait pengelolaan dana desa.
  3. Dihasilkannya draft petunjuk teknis (berdasarkan aturan/regulasi yang berlaku dikombinasikan dengan studi-studi kasus yang terjadi) yang akan menjadi rujukan bersama para pihak dalam pengelolaan dana desa.

Pendukung Program

Program ini didukung oleh Yayasan WWF – Indonesia berdasarkan Kerjasama No. 008/WWF-ID/SDW-LGL/II/2026 pada 5 September 2016, dengan total dukungan dana sebesar IDR 93.350.000,-