Ford Fondation melalui Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN)

IDR 274.672.049

Periode program: 1 Januari 2021 – 28 Februari 2021

Uraian

Pandemi COVID-19 menjadi penanda penting bagi transformasi dan keberlangsungan masyarakat sipil di Indonesia. Tidak hanya berwujud tantangan yang membentang karena pandemi menghadirkan keterbatasan fisik untuk berinteraksi dan mandeknya aktivitas sosial ekonomi, namun Pandemi juga memunculkan berbagai peluang seperti efektivitas media daring dan mobilisasi gerakan berbasis daring.

Berdasarkan situasi yang ada maka diperlukan usaha untuk mendorong keberdayaan dan keberlanjutan posisi dan peran  organisasi masyarakat sipil di di Indonesia melalui upaya penguatan kapasitas dan kapabilitas organisasi: mobilisasi, pengelolaan dan penyaluran sumber daya; pengembangan kemitraan setara antar sektor pembangunan serta penggalangan partisipasi dan keterlibatan public seluas-luasnya, dan semua ini sejalan dengan  tujuan Penabulu Foundation yaitu “Masyarakat Sipil Indonesia yang Berdaya” untuk itu  melalui kerjasama dengan Peerhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) dengan dukungan  dari Ford Foundation (FF) akan mengembangkan resource center berbasis daring yang bisa diakses semua pihak.

Tujuan kegiatan ini adalah mengembangkan platform yang akan dipakai sebagai wadah untuk mendokumentasikan– mewartakan secara digital praktik baik, pengetahuan, serta inisiatif CSO Mitra FF maupun CSO di Indonesia dalam merespon dan mengatasi Pandemi Covid-19 maupun untuk berkontribusi dalam pembangunan Indonesia secara luas dan berkelanjutan.

Pendukung Program

Program ini didukung Ford Fondation melalui Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) dengan total dukungan dana sebesar Rp. 274.672.049,-